Blog Hilang Tiba-Tiba! Bagaimana Cara Mengembalikannya?

Isi post blog ku hilang! Back up nya juga ga ada! *nangis bombay* How to recover it? Check this out!

Seriously! Ini bukan click bait, apalagi April Fools. Actually emang sih sekarang 1 April dan emang lagi April Mop. But trust me! It does happened! It’s neither click bait nor April Fools *nangis*

Jadi, baru aja kejadiannya kemaren saat aku ngepost Tugas Unik ala Pak Rudy (Part 2). Literally, aku udah siapin beberapa artikel pada hari Jumat (karena Jumat tanggal merah, so I have more leisure time), jadi udah ada schedule blog untuk dipost 2 hari ke depan. (Ini juga saran dari Pak Rudy, jadi ga perlu nulis tiap hari tapi bisa nyicil dan schedule buat nge-publish post). Karena weekend kali ini lumayan panjang Jumat sampai Minggu. That’s why, awalnya aku merencanakan hari Jumat khusus untuk bikin blog dan Sabtu Minggu khusus belajar persiapan lomba. Biasanya aku post blog selalu malam atau tinggi malam, tapi hari Sabtu ini lagi pengen beda aja, aku set schedule pukul 6 pagi. Pagi-pagi aku udah kirim link ke grup Telegram XI MIPA 1, baru aku yang udah post maklum lagi kena angin rajin. Karena masih 625 kata dan belum sampai 1000 kata, niatnya sih mau ngedit post itu biar memenuhi kriteria. Setelah mengumpulkan nyawa, pagi-pagi aku udah duduk di depan laptop dan mulai mengedit blog yang udah published jam 6 tadi. Entah kenapa, lagi apes kayanya. Aku langsung sunting blog dari website wordpress. Aku ga pernah gini sebelumnya. Biasanya aku ga ceroboh masalah ginian, dan aku selalu bikin tulisan di Microsoft Word dulu, lalu baru dicopy paste dan ditata di wordpress. Aku mikir sih –kan cuma edit dikit doang, nambah dikit, langsung aja deh, daripada ribet–

Lagi encer nih, ide-ide keluar semua. Kata Pak Rudy, kalo lagi banyak ide langsung tuangin, ntar bisa lupa. Akhirnya sampai di angka 1203 kata. Finally! Tanpa pikir panjang, langsung deh aku klik “Update”. Apesnya, I neither save it on WordPress drafts nor back up it on Microsoft Word. Awalnya agak curiga, update nya lebih lama dari biasanya. Ga lama, muncul lah notification “Post updated! Visit Post”. DAN GUESS WHAT?! Saat aku visit post, yang muncul hanyalah kolom judul, sedangkan isinya nihil. Kaget kaget kaget sumpah 😦 –Mungkin, lagi error di laptop, pikirku– Aku cek lewat hp dan ternyata post terbaru ku memang kosong. Aku mencoba kembali ke halaman ‘Edit Post’ tempatku menyunting blog tadi. Tapi ternyata isinya juga kosong, jelas tertera ‘0 words’. Panik panik panik panik. Walaupun literally aku punya back up yang sebelum di edit, tapi kan itu baru 625 kata hiks masa harus ngulang nulis lagi. Kalo semisal ngulang juga ga jamin seencer tadi kan huuuhu

First thing to do is browsing. Tanya mbah gugel “Cara mengembalikan post blog WordPress yang hilang tiba-tiba”. Dan I found this article https://asopusitemus.wordpress.com/2010/06/29/wordpress-cara-mengembalikan-halaman-atau-isi-post-yang-hilang/. Di artikel itu tertulis 2 cara yang dapat kita lakukan, pertama lewat WordPress itu sendiri, kedua lewat Google. Actually, cara pertama di artikel ini sangat membantu, tapi tampilan wordpress pada artikel itu completely different dengan tampilan wordpress yang sekarang. So, aku tetap bingung gimana caranya. Cara kedua adalah Cache lewat Google, tapi sayangnya blogku belum ter-indeks oleh Google karena as you know sangat sulit mencari artikel kita pada pencaharian google karena harus bersaing dengan jutaan artikel lainnya. Dan memang menurut artikel itu, hanya situs-situs tertentu aja yang bisa diakses lewat Google Cache. Pupuslah harapan mengembalikan artikel ini *nangis lagi*. Yang rencana awal hari Sabtu bakal khusus buat belajar, nyatanya harus tetap mikirin blog. Parahnya, terancam harus kerja dua kali lagi hiks hiks.

Ku ingin marah…

Melampiaskan…

Tapi ku hanyalah sendiri disini…

lah malah nyanyi lagu BCL wkwk

backsound : hiks hiks hiks hiks *nangis bombay* (sorry to say, tapi ini emang lebay) tapi sebenarnya #akutegar kok (lah malah lagu Rossa)

Dengan semangat pantang menyerah, aku browsing artikel lain tapi isinya sama saja dengan artikel di atas. And it doesn’t work. Karena caranya menggunakan tampilan WordPress yang beda, mungkin karena tampilan dulu atau karena di aplikasi atau apalah kurang ngerti juga. Akhirnya aku otak-atik sendiri dan I found this! Mungkin yang lain udah ada yang tau ya. I just share this information buat yang mengalami hal seperti ini… Suddenly, tiba-tiba aja kepikiran buat ngepost kejadian ini buat blog besok. Hahahaa. Langsung deh screenshot buat bahan blog. Ternyata benar ya, “Everything happens for a reason”. Walaupun harus mengalami kejadian kaya gini, tapi see yang terjadi malah dapat bahan blog baru wkwk. Kalo kata Pak Rudy sih, ambil sisi positifnya aja.

Langsung aja ya, buat teman-teman yang mengalami hal sama, berikut cara mengembalikan isi blog di wordpress yang hilang!


Pertama, pastikan kalian udah log in ke wordpress ya (yaiyalah)

1 aja
Tampilan awal akan seperti ini, yang tersisa hanya judul.

Kedua, buka post yang hilang tersebut. Tampilannya bakal seperti yang di bawah ini.

2-aja.jpg


Ketiga, pilih Sunting atau Edit Post pada post blog itu. Akan muncul seperti di bawah ini berupa blog kosong. Klik History yang berada di bagian atas laman. (sejajar dengan pilihan Close).

3 bener


Keempat, Tadaaa! Akan muncul history dari revisi kita selama ini di kolom paling kanan. Thank God! I feel extremely relieve! Tinggal pilih deh mau revisi ke berapa yang dirasa ingin di reload. Pilih revisi nya, lalu klik ‘Load’ pada kolom kanan ujung bawah. Oh iya cara ini cuma berlaku apabila kalian udah update post nya ya. Karena, baru otomatis tersimpan ketika kalian klik ‘update’ saat ngedit blog nya. Nah, sekarang post kalian udah di-reload dan kalian bisa lanjut nge-blog deh.

4-bener.jpg


Oke readers, udah balik kan blog nyaa? Things that we’ve learnt from this are :

Buat para blogger atau yang masih belajar ngeblog kaya aku, make sure kalian back up semua tulisan kalian. Gapapa deh ribet harus copy-paste dan edit lagi. Cari aman aja readers. Kan ga lucu kalo udah rapi siap post tapi harus hilang. Kalo memang mau ngedit langsung di WordPress dan ga pengen ribet nulis di Microsoft Word atau Notes dulu, at least selalu update ya. Jadi, hasil suntingan kalian akan tersimpan di Revision History. Oh iya, satu tips lagi, kalo emang mau aman dan ga ribet bolak balik, mending langsung save drafts sebelum di publish! Semoga artikel ini membantu ya readers!

Blog kali ini memang ga banyak bahas tentang Pak Rudy, tapi tetap bahas tentang tugas Pak Rudy kok. Jadi gapapa ya Pak? heheheheheee

2 Comments Add yours

  1. Asop says:

    Memang menyebalkan dan bikin geram kalo kejadian kayak gini…

    Akhirnya, solusinya adalah, sebelum nulis di wordpress, saya akan nge-draft dulu di laptop, saya simpen di Word. Aman deh. 😀

    Liked by 1 person

    1. Iyaaa jadi kesel sendiri kalo kaya gini kan. Terimakasih banyak untuk artikel dan infonya yaa, sangat membantu dan bermanfaat 😀

      Like

Leave a comment